Kenapa Harus ASUS ROG G752VS

Berbeda dengan notebook mainstream, notebook gaming memiliki seni yang menarik untuk diikuti. Dari desain yang terlihat garang, harga yang kelewat fantastis, atau performa yang luar biasa gila.

Review yang gue buat kali ini adalah lini notebook gaming dari ASUS, Republic of Game ( ROG G752VS ) yang lagi viral di internet. Nah apa aja yang bikin ROG G752VS harus segera kalian pinang? let's see..

The Performance
Ngomongin soal notebook gaming tentu saja performa adalah nomor satu. ASUS ROG G752VS ditenagai prosesor generasi ke-6 Skylake Core i7-6820HK Unlocked yang artinya kita bisa bebas mengkustom performa si ROG ini sesuai keinginan misalnya saja clockspeed yang bisa dinaikin sampai 4GHz. Tentu saja performa cpu-overclocked ini harus didukung cooling system yang baik, apakah pada ROG G752VS demikian? lanjut baca yuk.

Komparasi Intel Core i7-6820HK. source: cpubenchmark.net
Performa gamingnya didukung dengan sebuah kartu grafis NVIDIA 10 Series teranyar dengan arsitektur Pascal yaitu NVIDIA 1070 DDR5 sebesar 8GB. Tentu saja pada pengujian 3DMark Fire Strike Extreme, performa si GTX 1070 lebih baik sekitar 24-35% dari pendahulunya GTX 980. Serta kartu grafis ini telah mendukung VR-Ready dengan latensi rendah.

Komparasi GTX 1070 dengan GPU lain . source: futuremark.com
Untuk masalah multasking gue yakin notebook ini bisa melahap banyak aplikasi sekali waktu karena sudah dipasang RAM DDR4 sebesar 64GB ber-clockspeed 2300MHz.


The Keyboard
Keyboard pada ASUS ROG G752VS Backlit dengan Anti-Ghosting untuk memastikan perintah yang kita inputkan secara instan dapat diinterpretasikan dengan benar. 30 rollover keyboardnya memungkinkan kita untuk menekan hingga 30 tombol secara bersamaan.
Keyboard layout ROG G752VS
Dengan keyboard full numeric, masih ditambah dengan 5 tombol makro yang bisa diset sesuai kebutuhan. Tuts tombol yang ergonomis & lampu backlit menambah kenyamanan ketika keyboard digunakan dalam kondisi minim cahaya.


The Display
Seri tertinggi ASUS ROG G752VS menggunakan layar 17,3" IPS+Anti Glare dengan resolusi 4K yang juga disupport dengan NVIDIA G-Sync. Tapi apa sebenarnya G-Sync itu? jadi teknologi ini mensinkronisasi refresh rate layar dengan frame rate dari GPU sehingga tampilan visual semakin halus dan mulus. G-Sync ini juga membantu menghindari lag, meminimalisir stutter dan menghilangkan tearing yang semua ini menjawab isu ketika kita mengaktifkan fitur V-Sync dalam game.



The Storage
Dimensi bukanlah sebuah masalah di laptop gaming, sehingga ASUS gak nanggung nambahin tempat penyimpanan yang cukup besar di ROG G752VS. Kombinasi Harddisk 1 Terabyte + 2x512GB SSD NVMe sudah sangat cukup untuk menginstall banyak game & data. Soal kecepatan, SSD sangat bisa menangani kebutuhan akses read/write apalagi interface NVM Ekspress bisa menghasilkan performa seperti dibawah:
source: asus.com
Semisal storage diatas masih kurang, kalian masih bisa nambahin SSD lewat 2 buah slot M.2 yang tersedia yang gampang diakses pengguna.


The Cooling System
Termal sistem pada notebook gaming adalah hal yang crusial dan wajib diperhatikan baik-baik oleh vendor. Sirkulasi udara yang buruk akan membuat komponen internal terutama CPU dan GPU menjadi cepat panas, imbasnya nanti adalah pada frame-rate yang drop ketika kita bermain game.

Ventilasi yang cukup besar pada ROG G721VS
ASUS mendesain cooling system yang baik untuk ROG G721VS, sudah memakai 2 buah kipas untuk mendinginkan masing-masing CPU dan GPU serta punya teknologi anti-dust yang memungkinkan debu tidak akan masuk ke komponen internal karena dibuang melalui pipa dust-release.
2 Modul Kipas untuk CPU dan GPU
Selain itu, masih ada fitur eksklusif 3D Vapor Chamber yang menggunakan cairan pendingin khusus dalam pipa yang akan menjadi gas ketika digunakan dan akan kembali lagi secara terus menerus. Teknologi ini juga memungkinkan gpu high-end dengan tdp yang tinggi lebih efisien dan efektif saat didinginkan hingga suhu operasi apan. Pendingin ini mampu menurunkan temperatur GPU hingga 7°C dan CPU 2°C.


The Interface
Mungkin untuk konektivitas semacam Wireless, CardReader dan sebagainya gak perlu disebutkan lagi karena sudah jelas bakal lengkap-kap. Tapi ada satu interface yang menarik untuk dibahas yaitu USB 3.1 Type-C dengan teknologi Intel Thunderbolt. Kecepatan transmisi data melalui port ini mencapai 40Gbits/detik artinya empat kali lebih cepat dari bandwidth USB 3.1.

Interface Port ROG G752VS
Melalui port thunderbolt pula, kalian masih bisa menambahkan GPU External apabila kartu grafis yang tertanam enggak mampu memenuhi nafsu bermain game kalian.


Kesimpulan
Untuk sebuah notebook gaming, dengan bentuk fisik yang ciamik, performa desktop-pc, GPU NVIDIA GTX 10 Series dengan harga yang cukup untuk kalangan sultan gue rasa masih worth-it. Terutama untuk kalian yang seneng main diluar rumah tapi tetep pengen ngegame di notebook rasa desktop.

Demikian review singkat yang bisa gue ulas ke kalian, apabila ada yang masih ganjal atau pengen tanya-tanya bisa post di comment box dibawah yak. Bye!

0 komentar:

Post a Comment