Menampilkan Brightness Slider / Control Hackintosh

Kembali dengan tutorial hackintosh, kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara menampilkan brightness slider atau brightness control pada hackintosh. Berbeda ketika saya menggunakan Bootloader Clover saat ini yang dengan mudahnya patch on-the-fly, enggak tau kenapa ketika masih menggunakan Chameleon, Brightness Slider nya enggak mau muncul.

Enggak cukup sampai disitu dong, mulailah saya gemar edit DSDT bukan karena cari mau biar kelihatan keren namun karena tuntutan. Sebab beberapa kali melakukan pencarian melalui mesin pencari Google, saya tidak menemukan tutorial ataupun file-file yang berhubungan dengan laptop yang saya pakai, Lenovo G400s.

Baca juga: Membuat Intel HD 4000 Bisa Full QE/CI di Hackintosh

Setelah yakin dengan hasil DSDT yang saya buat melalui ekstraksi program MaciASL, langsung saya tambahkan patch PNLF yang gunanya adalah untuk memunculkan Brightness Slider tadi, dan saya nyatakan "BERHASIL".

***

Saya Sudah Punya DSDT, Tapi Brightness Slider Belum Muncul?
Okey, kabar baik bila kamu sudah punya DSDT sendiri sebab butuh beberapa waktu untuk menghilangkan beberapa pesan error yang muncul pada MaciASL. Bila benar sudah bebas tanpa error, masukan kode dibawah ini seperti contoh pada gambar.

# Brightness control fix credit by RehabMan
into device label PNLF remove_entry;
into scope label \_SB insert
begin
Device (PNLF)\n
{\n
              Name (_HID, EisaId ("APP0002"))\n
              Name (_CID, "backlight")\n
              Name (_UID, 0x0A)\n
              Name (_STA, 0x0B)\n
}\n
end;

Tekan tombol Patch pada MaciASL

Paste pada form, lalu tekan Apply

Bagaimana Cara Melihat Brightness Slider?
Oh iya, jangan lupa setelah melakukan edit untuk menyimpan dan meletakkan DSDT.aml pada folder /Extra untuk Chameleon atau /EFI/Clover/ACPI/Patched untuk Clover.

Untuk melihat Brightness Slider, masuk ke System Preferences>Display dan lihat bila ada slider seperti gambar dibawah ini berarti patch diatas sukses diterapkan pada DSDT kamu. Selamat Mencoba! :)

Brightness Slider Work

1 comment: