Belanja Online Gampang Banget Lewat BukaLapak Apps

Hari ini saya mau bercerita panjang lebar gimana pengalaman berbelanja melalui aplikasi BukaLapak.com. Flashback, saya ingat betul dahulu tampilan situs ecommerce ini tak sebagus yang sekarang, template membosankan dan kurang meyakinkan. Namun tak lama setelah melalui tahap redesign dan menggunakan CMS sendiri, ternyata makin ciamik, apalagi ditambah tersedianya aplikasi BukaLapak.com untuk Android dan iOS.

Blog Competition Bukalapak

Mulailah saya mencari sebuah Hardcase untuk Xiaomi Redmi 2 yang saya beli belum lama ini. Karena backdoor yang berwarna putih sehingga riskan terkena kotoran serta saya pikir gadget ini bakal lebih aman ketika jatuh dengan berbapakaian hardcase meskipun saya tidak berharap demikian.

Setelah bersearching-searching ria ketemu nih dengan produk "Nillkin Super Frosted Shield Hardcase Warna Merah" yang saya temukan di BukaLapak.com. Harganya memang cukup murah yakni Rp 70.000,- dibanding ketika saya menemani teman membeli hardcase dengan tipe yang sama di Jogja dengan harga Rp 90.000,-.

Bukan tanpa alasan saya berniat membeli barang tersebut secara online pasalnya cukup sulit untuk menemukan Hardcase Nillkin di toko ritel apalagi posisi saya waktu itu tidak sedang di Jogja. Bukannya nillkin hardcase yang saya dapat justru softcase unbranded yang saya temukan. Fix dengan pilihan Nillkin Super Frosted Shield Hardcase, langsung deh selesaikan transaksinya.


Belanja Lewat Aplikasi BukaLapak.com
Berikut ini secara singkat pengalaman saya berbelanja menggunakan aplikasi Bukalapak.com melalui smartphone Android:

  • Login terlebih dahulu ke aplikasi dengan akun Bukalapak atau bisa juga login menggunakan akun Facebook / Google+

  • Tekan tombol Beli , Keranjang Belanja bakal muncul. Untuk menyelesaikan belanja, sentuh Bayar transaksi ini. Sobat juga bisa keluar dari troli kemudian menambahkan barang lain

  • Karena udah ngisi data pribadi waktu pendaftaran dulu, jadi sewaktu transaksi gak perlu nginput alamat segala macem secara manual.
  • Isi juga form Penjelasan meskipun pada judul barang sudah dijelaskan pula jenis warnanya atau keterangan lain.

  • Lanjut, pilih metode pembayaran. Waktu itu saya memilih menggunakan metode Transfer Bank. 
  • Akan ada SMS & Email dari Bukalapak.com berikut Invoice transaksinya. Didalam email tersebut pula terdapat informasi nomor rekening BukaLapak, jadi jangan sampai salah transfer dana ya
  • Segera selesaikan pembayaran, karena transaksi akan dihitung batal setelah 1x12 jam
  • Kemudian masuk aplikasi Bukalapak lagi, masuk ke Transaksi lanjut pilih barang akan ada Detil Transaksi. Scroll ke bawah kemudian pilih Konfirmasi Pembayaran
  • Selesai!

Cek Belanjaan
Rampung bayar, kita masih bisa cek segala sesuatu mengenai barang belanjaan kita. Yaitu dengan mengakses panel kendali dibagian kiri, kemudian pilih Transaksi. Maka akan ada tampilan seperti dibawah ini:

Lihatlah, disana kita bisa melihat barang apa saja yang pernah kita beli. Pada kondisi ini adalah pertama kalinya saya melakukan transaksi dibuka lapak dan bisa berjalan dengan sangat lancar. Untuk melihat detil transaksi, sentuh sekali pada barang apapun yang kamu beli.


Selain itu yang bikin transaksi makin transparant adalah Status barang ini. Kita bisa melihat laju dari proses transaksi, packing, pengiriman hingga barang telah terkirim! sedangkan melalui history pengiriman kita bisa melihat tracking barang jasa ekspedisi secara mudah tanpa harus masuk ke situs tracking.

Oh iya sob, jangan lupa isi Feedback melalui tombol berwarna orange yang terlihat seperti pada gambar. Feedback sendiri menurut saya sangat berguna untuk seller tentunya untuk kemajuan & koreksi diri untuk seller.


Kesimpulan

Intinya belanja online itu sekarang gampang banget cuma modal jari dan smartphone, apalagi kalau belanjanya di Bukalapak Apps. Sebenernya masih ada segudang fitur aplikasi Bukalapak yang lain seperti misalnya "Private Message" yang dimana buyer bisa chit-chat dengan seller atau mungkin mau minta nego? hehe.

Packing-nya mengerikan :D


Dan pesan saya, kalau mau order lebih baik kirim PM ke seller terlebih dahulu, terutama untuk stok warna yang diinginkan. Jangan sampai seperti seller diatas yang agak kacau, bilang stock warna merah nya habis tapi kemudian bilang available. Enggak masalah tapi, saya maklumi mungkin sedang melakukan banyak transaksi.

Oke sekian dulu pengalaman belanja melalui Aplikasi Bukalapak yang pernah saya lakukan, jangan takut sob buat belanja online!


Video BukaLapak.com

2 comments:

  1. Mas barang punya saya status nya dikirim tapi tujun sama statusnya gak ada gmna yah

    ReplyDelete